3 cara membuat website sendiri untuk bisnis online

3 cara membuat website sendiri untuk bisnis online – Bagi Anda yang sudah berkomitmen untuk terjun di dunia bisnis online, maka website merupakan kebutuhan yang tidak mungkin Anda lewatkan. Jika Anda berdagang dengan sistem konvensional, Anda membutuhkan sebuah toko atau tempat berjualan, maka hal ini juga berlaku sama saat Anda berdagang secara online. Website bisa dibilang sebagai lapak atau toko Anda untuk berjualan. Sehingga membangun website yang bagus identik dengan membangun toko atau lapak jualan Anda. Semakin bagus website maka akan semakin banyak pengunjung yang akan datang dan produk Anda akan laris manis.

3 cara membuat website sendiri untuk bisnis online

Membangun sebuah website biasanya memang mahal karena skill seperti itu saat ini masih langka. Jika Anda tidak mau ribet untuk membangun website, maka meminta bantuan orang untuk membuatkan website Anda menjadi pilihan. Siapkan dana di kisaran Rp 500.000 untuk membayar jasa pembuatan website dan sekitar Rp 350.000 untuk perawatan website Anda tiap tahunnya. Namun jika Anda adalah pribadi pembelajar yang tinggi dan ingin membangun website Anda sendiri, maka ulasan di  bawah ini sangat cocok dengn kebutuhan Anda tersebut. Berikut kami sajikan bagaimana cara membuat website sendiri untuk bisnis online Anda.

Secara garis besar Anda hanya butuh 3 langkah untuk membuat website yang cukup bagus untuk bisnis online Anda, yakni memilih platform website, buat alamat website melalui domain dan hosting, dan proses instalasi dan modifikasi website.

Detail cara membuat website sendiri untuk bisnis online sebagai berikut :

  1. Memilih platform website

Ada dua cara untuk membuat website yang perlu Anda ketahui, yakni membuat website dari awal dan membuat website melalui aplikasi yang sudah ada. Membuat website dari awal terbilang sulit, cukup banyak hal yang perlu Anda ketahui dan kuasai mulai dari bahasa pemrogaman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP dan database MYSQL. Sehingga untuk efisiensi kita akan membuat website melalui aplikasi yang sudah ada saja.

3 cara membuat website sendiri untuk bisnis online

Membuat website melalui aplikasi yang sudah ada inilah yang disebut dengan menggunakan platform atau CMS (Content System Management). Melalui aplikasi ini Anda bisa merubah konten website tanpa harus paham bahasa pemrogaman. Platform-platform yang cukup populer yang bisa Anda pilih diantaranya WordPress, Drupal dan Joomla. Untuk pemula sangat disarankan menggunakan WordPress karena sangat populer di dunia, gratis dan mudah dalam mengoperasionalkannya.

  1. Membuat alamat website

Agar website Anda bisa diakses oleh warganet di manapun berada, maka ada dua hal yang menjadi syarat, yaitu nama Domain (nama website Anda) dan hosting (tempat di mana Anda menaruh seluruh data website agar bisa di akses orang di seluruh dunia).

Untuk membuat domain dan hosting tidaklah gratis namun banyak sekali yang menawarkan harga murah. Harnya berkisar mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 60.000 per bulan. Tempat yang cukup recomended untuk membeli domain dan hosting adalah www.niagahoster.co.id. Di niagahoster layanannya 24 jam dan harganya terjangkau.

3 cara membuat website sendiri untuk bisnis online

  1. Instalasi dan modifikasi website

Langkah ke 3 dalam cara membuat website sendiri untuk bisnis online Sebenarnya setelah sudah membeli domain dan hosting, website Anda sudah bisa diakses oleh siapapun namun kontennya masih kosong. Hal ini karena Anda belum menginstal file WordPress (jika dari awal Anda sudah memilih platform WordPress). Ibaratnya Anda sudah memiliki stan namun barang-barang jualan Anda belum ada disana.

Jika Anda membeli hosting di niagahoster biasanya ada fasilitas yang sangat memudahkan Anda untuk menginstall file WordPress Anda ke hosting, Anda tinggal mengikuti petunjuknya dan klik-klik saja.

Baca Juga: Tips Jualan Hanya Modal Whatsapp Datangkan Banyak Pembeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!