Cara Jualan Online Di Internet vs Offline

Cara Jualan Online Di Internet – Banyak bisnis kovensional beralih ke bisnis online. Banyak bisnis konvensional tutup dan bahkan ada yang bangkrut karena tidak dapat bersaing dengan jualan online para pesainganya.  Bisnis online dan offline tentunya saja beda, kedua memilki hal yang berbeda cara jualan, system dan lain sebaginya jelas beda. Dimana masing masing memilki kelebihan dan kekurangan. Disini kami akan membahas apa perbedaan cara jualan offline dan online yang saat ini masih gurih – gurihnya. Kenapa kami bilang begitu? Karena` a bisnis online banyak keuntungannya kata mereka yang sudah berkecimpung terlebih dahulu dalam lika – liku bisnis online.

Cara Jualan Online Di Internet vs Offline

Jika cara jualan online di internet yaitu, proses transaksi penjualan barang dan jasa yang menggunakan teknologi elektronik yang dapat memudahkan para konsumen. Sedangkan jualan offline yaitu, proses transaksi penjualan barang dan jasa secara langsung yang dimana produsen dan konsumen bertemu dan terjadinya proses transaksi jual beli. Melihat perkembangan teknologi Digital hingga saat ini yang begitu sangat signifikan, telah menciptakan pola kehidupan yang baru di masyarakat ini. Ketergantungan seseorang terhadap internet dan gadget agaknya sudah menjadi budaya baru. Bayangkan saja dari waktu bangun tidur sampai 10 menit sebelum menjelang tidur, kadang masih berinteraksi dengan smartphone nya dengan banyak alasan yang berbeda- beda. Ada yang sedang bermain Sosial media, ada yang cek email, nonton video streaming, chatting dengan teman, dan sebagainya.

Buat kami sebagai pelaku UKM ini adalah peluang untuk meluaskan bisnis yang kami tekuni. Alasan nya sangat jelas terlihat dari pengguna facebook yang Milyaran di dunia, dan lebih dari 75 juta pemakai di Indonesia, Instagram yang sudah mencapai lebih 30 Juta, belum lagi platform lainnya, ini sangat memungkinkan kita menjual barang apapun jenisnya melalui media online yang saat ini banyak digunakan. Kami akan membahas lebih lanjut.

Cara Jualan Online Di Internet vs Offline

Apa perbedaan cara jualan online di internet dan offline? Adalah sebagai berikut :

  1. Dari segi modal usaha

Jika bisnis offline modal usaha yang di keluarkan cukup besar karena anda harus bayar sewa toko, karyawan, atau biaya operasional seperti listrik, air dan lain sebaginya. Di bisnis offline ini anda harus mempersiapkan modal yang tidak sedikit. Misalnya anda ingin berjualan sepatu, dan anda harus membayar  sewa tempat untuk menjual produk anda. sedangkan bisnis online, anda bisa memulainya tanpa modal sekalipun sebagai dropshipper, anda tinggal mencari supplier di  marketplace dan anda bisa menjulnya lagi lewat marketplace lain atau social media anda, dari sini bisnis online modalnya hanya keberanian, dan juga kuota internet sekaligus smartphone. Hanya itu saja tanpa harus sewa toko bayar karyawan atau lain sebaginya. Jika anda tertarik dengan bisnis online anda bisa memulai dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu.

  1. Segi waktu tanpa batas

Bisnis online tidak terikat oleh waktu, waktunya tak terbatas. Buka 24 jam. Bahkan saat anda sedang tidurpun bisa saja anda akan mendapatkan transaksi pembelian. Karena semua pesanan dapat di setting melalui system order di website  , Email, Chating dan sebagainya.

Bisnis offline hanya bisa buka dengan waktu yang terbatas , sangat jarang di temui bisnis offline yang buka 24 jam, pun kalau ada pasti costnya atau biayanya cukup besar, dan anda harus memiliki pegawai dengan sistem shift , anggaran listrik yang lebih dan sebagainya. Belum lagi masalah resiko keamanan di toko anda.

Cara Jualan Online Di Internet vs Offline

  1. Dari segi menjangkau pasar

Bisnis online menggunakan internet yang bisa menjangkau pasar sangat luas, tidak hanya di nasional pun jika anda mau anda bisa mengaturnya ke pasar internasional. Akan tetapi jika bisnis offline sangat terbatas untuk menjangkau pasar yang lebih luas jika anda membuka di satu kota maka pemeblian akan terjadi di satu kota tersebut kecuali anda buka banyak cabang  di seluruh kota di Indonesia.  Tapi hal itu memilki biaya yang tidak sedikit.

Itulah tadi artikel dari kami yang membahas tentang apa perbedaan cara jualan online di internet vs jualan offline. Semoga bermanfaat dan membantu. Terimakasih.

Baca Juga: Situs Jual Beli Barang Bekas Online Terpercaya

Baca Juga: Usaha Online Yang Laris Karena Pembeli Merasa Istimewa Caranya Gimana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!